Produk China Banjiri Pasar Indonesia


image

Jakarta, CyberNews. Kesepakatan perdagangan bebas dengan Asean dan Cina yang berlaku mulai 1 Januari 2010 lalu mulai berdampak pada pasar dalam negeri. Hal ini terlihat dari membanjirnya produk-produk Cina di pasar domestik.

Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mengakui sejauh ini produk asal Cina sudah membanjiri pasar domestik. Kendati demikian, dia  optimistis pasar produk lokal tidak akan tergerus oleh produk-produk Cina dengan mulai diterapkan perjanjian perdagangan bebas.

"Dari tinjauan lapangan ke sentra-sentra produksi UMKM dan pasar tradisional yang kami kunjungi memang diakui bahwa produk Cina sudah membanjiri pasar lokal," ujar dia dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Rabu (20/1).

Menurutnya, masih banyak produk-produk lokal yang tidak kalah bersaing dengan produk Cina. Selain itu, barang-barang lokal juga sudah memiliki pangsa dan segmen pasar yang jelas sehingga konsumen tidak serta-merta beralih ke produk Cina.

"Tugas kita bersama adalah meningkatkan terus produktivitas, efisiensi dan memperbaiki teknologi yang dipakai UMKM-UMKM Indonesia sekaligus terus mengkampanyekan cinta produk dalam negeri," papar Syarief.

Sat, 13 Feb 2010 @21:22


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+5+5